Disable Fitur Autorun di Windows XP

Perlu diketahui bahwa selain melalui Internet, penyebaran virus juga sangat sering terjadi melalui UFD atau lebih dikenal dengan sebutan Flash Disk. Banyak virus lokal maupun yang berasal dari luar negeri memanfaatkan fitur autorun di Windows untuk memudahkan penyebarannya.

Fitur autorun sendiri dibuat untuk memudahkan User dalam menjalankan perintah tertentu. Anda pernah menginstall misalnya, Adobe Photoshop melalui media CD? setelah memasukkan CD kedalam CD/DVD Drive, akan muncul jendela baru dari Photoshop untuk menjalankan perintah install secara otomatis (tanpa perlu menjalankan file eksekusi semacam setup.exe secara manual). Atau memasukkan UFD dan terbuka jendela baru secara otomatis yang berisi content dari UFD tersebut? Ini fungsi utama fitur autorun, jelas di pandangan pertama fitur ini memudahkan Kita sebagai user, fitur ini juga yang memudahkan virus untuk menyebar, karena di posisi default, Windows akan meng-enable fitur autorun.

Cara penyebarannya cukup mudah, saat UFD anda diakses melalui komputer yang telah terinfeksi, otomatis UFD anda akan berisi virus dan sebuah file autorun.inf yang berfungsi menjalankan virus tersebut. Dan jika komputer anda tidak dilindungi dengan Antivirus yang memadai, tentu virus tersebut akan mudah menginfeksi komputer Anda.

Dan ini beberapa langkah untuk menon-aktifkan fitur autorun di XP dengan mengedit Registry dan Group Policy :

XP Pro :
1. Buka Start -> Run -> ketik gpedit.msc, ini akan membawa Anda ke jendela Group Policy, klik 2x Administrative Templates di kolom sebelah kiri.

2. Di kolom sebelah kanan, pilih System dan scroll hingga Anda menemukan Turn Off Autoplay, klik 2x.

3. Di Turn Off Autoplay Properties, pilih Enabled. Dan di pilihan Turn Off Autoplay On, pilih All Drives dan OK. Exit Group Policy melalui File -> Exit.

XP Home :
1. Buka Start -> Run -> ketik regedit, ini akan membawa Anda ke Registry Editor.

2. Navigasi ke :

HKEY_CURRENT_USER
Software
Microsoft
Windows
CurrentVersion
Policies
Explorer

3. Dengan Explorer ter-highlight, klik kanan di value NoDriveTypeAutorun dan pilih Modify, perhatikan base value. normalnya adalah Hexadecimal, jika bukan, pilih Hexadecimal.

4. Default Value nya adalah 91, ganti menjadi 95 jika Anda ingin men-disable autorun untuk semua Removable Disk tapi tidak untuk CD-ROM Drive atau b5 untuk disable semua media termasuk CD -Rom Drive.

5. Exit Registry Editor melalui File -> Exit.

Atau Anda dapat menggunakan cara ini sebagai alternatif (Windows XP Pro & Home dan Vista :

1. Buka Notepad dan paste kode dibawah ini :
REGEDIT4
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\IniFileMapping\Autorun.inf]
@="@SYS:DoesNotExist"
2. Save dengan nama apapun dengan esktensi .reg, contoh : Autorun.reg
sebelumnya, pastikan Anda mengganti Save File as Type menjadi All Files dan simpan di folder mana saja.

3. Buka folder dimana Anda menyimpan perintah diatas, dan jalankan dengan klik 2x, saat kotak dialog untuk menambahkan registry diatas muncul, klik yes.


Setelah melakukan langkah-langkah diatas, restart Windows Anda untuk melihat perbedaannya.

Cara ini hanya untuk mencegah penyebaran virus secara otomatis, Pastikan Anda telah melakukan scanning dengan program Antivirus di UFD Anda sebelum mengaksesnya. Dan tentu, jangan lupa untuk mengupdate Antivirus Anda secara regular untuk perlindungan yang maksimal.

Langkah tersebut berhasil Saya lakukan di Windows XP Home Edition SP3 dan Windows XP Professional SP2.

Semoga Berhasil !!

Referensi :
- http://antivirus.about.com/od/securitytips/ht/autorun.htm

No comments

Powered by Blogger.