[Review] Western Digital My Book Essential Ext. HDD 1 TB



Introduction:
Baru saja membeli produk External HDD dari WD lewat bhinneka.com. Bukan produk paling terjangkau dari WD (dan bahkan dari pesaingnya) tapi saya rasa harga yang ditawarkan cukup menarik. Well, untuk pemesanan sendiri tidak begitu lama, hanya 24 jam setelah pemesanan barang sudah di tangan saya.


Selain HDD, didalam box juga terdapat 1 Kabel Adaptor (beserta berbagai macam konektor), 1 Kabel USB 2.0, User Guide dan software WD SmartWare yang sudah dibundle didalam produk.

First Impression:
Produk dari WD ini tampil cukup elegan dengan dibalut warna hitam glossy. Dibagian depan terdapat lampu LED berwarna putih lengkap dengan indikator Drive Lock dan Illuminated Capacity Gauge sebagai indikator seberapa besar kapasitas HDD yang terpakai. Dibagian belakang terdapat jack adaptor, USB dan tombol power. Terdapat celah ventilasi di bagian atas dan belakang agar udara dapat keluar-masuk dengan mudah. Tata letak produk ini juga secara vertikal, jadi dapat menghemat ruangan dimeja komputer anda.




Produk ini sudah bersertifikat "Compatible with Windows 7", jadi tak ada masalah berarti saat pertama kali terhubung dengan 7 saya. Selain partisi HDD, ada juga partisi untuk software WD SmartWare. Setelah meng-install software tersebut, terdapat pilihan untuk membackup file dan setting HDD (Secure and Register Drive, run diagnostic, set sleep timer dan lain-lain).

Getting Started:
Total kapasitas yang terbaca oleh Windows tentu bukan bulat 1TB, melainkan 'hanya' 930 GB. Saat melakukan Backup, and akan dibawa ke Interface Visual Backup dengan tampilan yang menarik, dimana file anda dibagi ke beberapa kategori (Music, Picture, Movie, Mail dan lain-lain). Selain itu, anda juga dapat melihat size partisi lengkap dengan detailed view. Saat pertama kali melakukan full backup sebesar 20 GB, hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Hampir tak ada suara yang ditimbulkan saat idle ataupun saat bekerja, hanya ada sedikit getaran dari Harddisk didalamnya, itupun tak menjalar karena dibagian bawah produk terdapat karet sebagai penyerap getaran. Suhu dan kapasitas HDD juga dapat anda kontrol melalui icon WD SmartWare di taskbar.

Feature:
Selain software WD SmartWare untuk mengontrol HDD secara penuh dan sudah diformat NTFS untuk Windows, juga terdapat Drive Lock dengan 256-bit encryption. Automatic Backup, WD GreenPower Technology (mengurangi konsumsi listrik hingga 30%) dan Illuminted Capacity Gauge. Cukup lengkap untuk sebuah External HDD.

Specifications:
Ini adalah spesifikasi dari WD untuk produk ini (kunjungi ini untuk melihat spesifikasi lengkapnya):

Performance Specifications
Serial Transfer Rate
USB 2.0
Serial Bus Transfer Rate (USB 2.0) 480 Mb/s (Max)

Physical Specifications
Capacity 1 TB
Interface USB 2.0

Physical Dimensions
Height 165 mm
Length 135 mm
Width 48 mm
Weight 1.18 kg

Environmental Specifications
Temperature
Operating 5° C to 35° C
Non-operating -20° C to 65° C

Electrical Specifications
Current Requirements
Power Dissipation
AC Input Voltage 100-240 VAC
AC Input Frequency 47-63 Hz

So....
Cukup menarik, walaupun belum support FireWire, eSATA ataupun USB 3.0 sebagai sarana transfer yang cepat, tapi saya rasa harga yang ditawarkan cukup pantas dengan hanya mengandalkan USB 2.0. Garansi 3 tahun juga cukup lama untuk sebuah produk HDD.

Banyal pilihan lain dari berbagai merek yang (hampir) sama dengan yang ditawarkan My Book Essential. Tapi jika anda sudah terbiasa menggunakan produk WD, menginginkan kontrol penuh di HDD melalui software, serta dengan harga yang terjangkau, Produk ini layak anda miliki.

No comments

Powered by Blogger.